Loading...

Ucapan Idulfitri, Meski Sederhana Tetap Sampai ke Hati

Bajuhijabers.com – Ucapan Idulfitri yang dikirimkan melalui beberapa media komunikasi kepada rekan, kerabat dan saudara, mewakili kehadiran kita yang alpha di tengah-tengah mereka. Meski rasanya tentu saja berbeda dengan kehadiran kita secara langsung, tetapi kehadiran ucapan hari raya yang kita kirimkan tersebut sedikit banyak dapat mengobati kerinduan yang dirasakan.

Tidak sedikit yang memilih mengirimkan ucapan Idulfitri pada kerabat yang jauh sebagai perwakilan kehadiran mereka. Ucapan Idulfitri tersebut sekaligus menjadi sarana dalam menyambung tali silaturahim dengan keluarga, suatu hal yang sangat disukai Allah SWT. Bahwa Allah sangat menyukai orang-orang yang menyambung silaturahim dengan kerabatnya. Anda tentu ingin menjadi umat yang disayangi Allah SWT, bukan?

Ucapan Idulfitri, Meski Sederhana Tetap Sampai ke Hati

Kartu Ucapan Idulfitri

Kartu Ucapan Idulfitri

Jika Anda kebingungan menulis atau membuat ucapan selamat Idulfitri, sesungguhnya perlu Anda tahu bahwa ucapan tersebut tidak perlu dibuat dengan susah, cukup buat kalimat yang sederhana namun bermakna.

Mengapa Harus Membuat Ucapan Selamat Idulfitri?

Mengirimkan ucapan Idulfitri menjadi semacam kewajiban atau ritual yang harus dilakukan oleh umat-umat Islam yang hidup di zaman modern menjelang hari raya Idulfitri tiba. Terlebih saat ini, kemudahan komunikasi sudah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat dan bersosial, sehingga hal tersebut menjadi hal paling mudah dilakukan untuk saling mengucapkan selamat Idulfitri.

Sebenarnya, apa tujuan dari ucapan Idulfitri yang setiap tahunnya sering kita ucapkan, sering kita kirimkan kepada kerabat yang tidak sempat kita temui?

a. Sebagai Perwakilan Diri Saat Jauh

Di awal, sudah sedikit disinggung bahwa ucapan Idulfitri diucapkan sebagai bentuk perwakilan kita yang tidak sempat atau tidak bisa ada di dekat keluarga saat Lebaran tiba. Kehadiran ucapan selamat hari raya yang kita kirimkan, dapat menjadi penghangat di tengah jarak yang jahat.

b. Sarana Penyambung Silaturahim

Alangkah menyenangkannya jika kita dapat bersilaturahim langsung dengan sanak keluarga, dengan anggota keluarga yang jarang kita temui karena kesibukan, karena jarak yang memisahkan. Tetapi, jika keadaan dan kondisi tidak memungkinkan, sebaris atau dua baris ucapan selamat Idulfitri dapat menyambung tali silaturahim kembali.

Bagaimana Membuat Ucapan Selamat Idulfitri?

Untuk membuat ucapan Idulfitri, Anda bisa mencari referensi di mana pun. Sumber referensi yang paling mudah saat ini adalah melalui internet. Ya. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari referensi dalam membuat ucapan selamat Idulfitri tersebut. Referensinya tentu saja berupa kata-kata yang manis dan hangat, seperti perayaan Lebaran yang sebenarnya.


Merangkai kata-kata yang manis dan hangat untuk hari raya, akan lebih mudah jika Anda adalah seorang yang hobi membaca. Dengan banyak membaca, Anda akan memiliki pilihan kata yang banyak, yang bisa dirangkai untuk digunakan dan dikirimkan pada kerabat sebagai ucapan selamat Idulfitri. Namun, jika tidak pun, Anda bisa mencari ide di internet melalui ucapan-ucapan yang sudah lebih dulu dibuat oleh orang lain, lalu menciptakan kalimat-kalimat baru.

Contoh Ucapan Idulfitri

Kartu Ucapan Selamat Idulfitri

Kartu Ucapan Selamat Idulfitri

Jika masih bingung juga tentang bagaimana membuat ucapan Idulfitri, kami akan sedikit memberikan referensi untuk Anda. Referensi yang kami ambil, datang dari berbagai sumber. Salah satunya adalah ayat-ayat di Al-Qur’an. Di awal ucapan, Anda bisa memasukkan ayat-ayat Allah berupa ayat yang berisi pentingnya menyambung silaturahim, pentingnya saling memaafkan.

Setelah itu, barulah Anda bisa mulai menuangkan ide-ide kalimat manis dan hangat yang didapat. Anda bisa memulainya dengan kalimat sapaan. Lalu dilanjutkan dengan kalimat selayaknya ucapan selamat, dan permohonan maaf.

Dalam membuat ucapan Idulfitri, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah untuk siapa kalimat ucapan tersebut dibuat? Kalimat ucapan selamat Idulfitri untuk sahabat tentu berbeda dengan kalimat ucapan untuk keluarga. Pun dengan ucapan selamat untuk yang lain.

a. Ucapan Selamat untuk Orangtua

Jika Anda kebetulan tinggal jauh dari orangtua, mengirimkan ucapan selamat Idulfitri atau menelpon langsung adalah pilihan yang baik. Jika Anda bingung akan menulis kalimat apa sebagai ucapan selamat Idulfitri, bisa dimulai dengan ucapan permohonan maaf lalu dilanjutkan dengan harapan-harapan baik. Untuk membuat ucapan kepada orangtua, biarkan hati Anda juga ikut bicara.

b. Ucapan kepada Sanak Keluarga

Untuk ucapan kepada sanak keluarga, Anda bisa menanyakan kabar terlebih dahulu. Lalu lanjutkan dengan ucapan permohonan maaf serta harapan-harapan baik untuk keluarga. Anda bisa mengakhirinya dengan menitip salam untuk seluruh anggota keluarga yang lain, yang sama-sama tidak bisa ditemui.

c. Ucapan kepada Sahabat

Ucapan Idulfitri kepada sahabat, bisa Anda buat menggunakan bahasa yang lebih santai. Anda bisa bercanda dengan menyinggung kebiasaan-kebiasaannya yang jorok. Kemudian sampaikan permintaan maaf. Dan selesaikan dengan harapan-harapan baik untuknya dan untuk persahabatan Anda berdua.

d. Ucapan kepada Rekan Kerja

Untuk rekan kerja, Anda juga bisa menggunakan bahasa yang lebih santai. Kecuali kepada atasan ya. Jika ingin mengirim ucapan kepada atasan, gunakan bahasa yang resmi akan lebih baik. Sama seperti di atas, penulisan ucapan bisa dimulai dengan menyinggung kebiasaan jelek rekan Anda selama di kantor, bercanda dengannya, lalu sampaikan maaf dan harapan. Suasana pasti akan lebih cair.

e. Ucapan untuk Orang Terdekat

Khusus untuk orang terdekat, Anda bisa sekaligus mengutarakan isi hati padanya. Jangan lupa sampaikan maaf dan harapan baik untuk Anda berdua.

Ucapan Idulfitri yang Anda sampaikan pada orang-orang tersayang, bisa memberikan efek yang baik bagi hubungan silaturahim. Sesederhana apa pun ucapan tersebut disampaikan, rasanya pasti sampai ke hati.

Loading...

Ucapan Idulfitri, Meski Sederhana Tetap Sampai ke Hati | Desi | 4.5